TIM ASSESMENT DESA WISATA KABUPATEN TASIKMALAYA SAMBANGI DESA MANGUNREJA

Situ Saninten Cicangkudu

Mangunreja. Dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan potensi Desa Wisata yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan Assesment Desa Wisata di Desa Mangunreja, Kecamatan Mangunreja, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (23/06/2022).

Bertempat di Kp. Cicangkudu RT 06 RW 07  Desa Mangunreja, tempat dimana lokasi wisata berada. Acara assesment dilaksanakan dengan penuh semarak, Pjs Kepala Desa Mangunreja Endang Setiawan, S.IP menyambut  langsung Tim Assesment Desa Wisata Kabupaten Tasikmalaya  yang diketuai oleh Kepala Bidang Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Suci Tarini, S.STP.,M.M didampingi Deni Rismayadi, A.Md. Par dan Hilmi Gunawan, SE serta Camat Mangunreja Drs. Bangbang Suryana, turut hadir pula Babinsa Desa Mangunreja serta Kasat Bimas Polres Tasikmalaya, para tokoh masyarakat setempat serta warga sekitar.

ENDANG SETIAWAN, S.IP   Pjs Kepala Desa Mangunreja

Pada kesempatan tersebut, Pjs. Kepala Desa Mangunreja Endang Setiawan, S.IP, menyampaikan ekspose dihadapan Tim Assesment Desa Wisata Kabupaten Tasikmalaya ” bahwa salah satu potensi wisata yang ada di Desa Mangunreja  yakni Situ Saninten Cicangkudu, kemudian maksud dari pengembangan wisata di desa kami yaitu untuk mempercepat pembangunan desa secara terpadu dan untuk mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa”, kata Endang Setiawan.

Kemudian terkait tujuan “bahwa tujuan kami mengembangkan Desa Wisata di desa kami yaitu untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat, mengentaskan kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya alam, serta memajukan kebudayaan”, tambahnya.

Suci Tarini, S.STP.,M.M    Kabid Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif

Ditempat yang sama Kepala Bidang Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Suci Tarini, S.STP.,M.M menyampaikan kekagumannya dengan sambutan yang disuguhkan oleh panoraman alam yang sangat luar biasa, “bahwa Desa Mangunreja sangat berpotensi sekali menjadi Desa Wisata, disini potensi alam ada, potensi untuk budaya juga ada, untuk kriya nya juga ada, bisa menjadi wisata religi, wisata edukasi, Insya Alloh Desa Mangunreja bisa menjadi Desa Wisata yang pertama di Kecamatan Mangunreja, semangat untuk Desa Mangunreja semoga nantinya dengan menjadi Desa Wisata bisa membangun perekonomian masyarakat lebih sejahtera”, ungkapnya.

Drs. Bangbang Suryana
Camat Mangunreja

Sementara itu Camat Mangunreja Drs. Bambang Suryana memberikan apresiasi positif kepada Desa Mangunreja, “Saya merasa bangga dan bersyukur bahwa Desa Mangunreja memiliki beberapa potensi untuk dikembangkan menjadi desa wisata salah satunya Situ Saninten Cicangkudu ini, saya berharap Desa Mangunreja menjadi pionir untuk menjadi Desa Wisata teladan bagi desa – desa lain yang berada di Kecamatan Mangunreja sehingga menjadi Desa Wisata yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, saya yakin dan percaya dengan semangat kebersamaan termasuk Pemerintah Desa, BPD, LPM, alim ulama dan tokoh masyarakat bisa mewujudkan Desa Wisata di Desa Mangunreja”, Pungkasnya.

Perlu digaris bawahi dalam penilaian ini, Desa Mangunreja mampu memberdayakan seluruh elemen masyarakat, hal tersebut terbukti dengan dilibatkannya warga sekitar untuk ikut berperan aktif bertanggung jawab bersama sama dengan meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di sekitar destinasi wisata Situ Saninten Cicangkudu.

Posisi dan peran masyarakat sebagai pelaku penting dalam pembangunan sektor pariwisata dapat bersinergi serta bermitra dengan Pemerintah Desa  dalam meningkatkan kualitas perkembangan kepariwisataan,  membangun dan menumbuhkan sikap dukungan positif dari masyarakat desa melalui perwujudan nilai-nilai sapta pesona bagi tumbuh, memang harus ditingkatkan!. (abah zae pandu desa)

Merdesa!!!

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan